_____Halo_____Hello_____Hola_____Mabuhay_____안녕하세요_____こんにちは_____ꦱꦸꦒꦼꦁ_____สวัสดี_____ᮞᮙ᮪ᮕᮥᮛᮞᮥᮔ᮪_____

Translate Into Your Language

Teori Asal Mula Kehidupan

Teori asal usul kehidupan pada kategori pertama adalah Teori Abiogenesis atau Generatio Spontanea. Teori Generatio Spontanea ini mengatakan bahwa makhluk hidup terbentuk dengan sendirinya.Teori ini disebut juga Teori Abiogenesis yang berarti makhluk hidup dapat terbentuk dari makhluk mati. Pendukung teori ini adalah Aristoteles, Thales, dan Anaximines.Thales menganggap kehidupan berasal dari air dan anaximines menganggap kehidupan berasal dari udara.

Teori asal usul kehidupan pada kategori kedua adalah Teori Biogenesis. Pendukung teori ini adalah Fransisco Redi, Lazzari Spalazano, dan Louis Pasteur. Fransisco Redi mengemukakan percobaan ulat pada bangkai tikus berasal dari telur lalat ( Omne Vivum ex Ovo). Lazzaro Spalazani mengemukakan percobaan kaldu yang dididihkan dan ditutup rapat hanya akan membusuk bila dalam keadaan terbuka,harus ada jasad renik terlebih dahulu(Onme Ovum ex Vivo). Louis Pasteur mengemukakan percobaan yang sama dengan L. Spalazani namun menggunakan pipa leher angsa, yang kemudian berkesimpulan, untuk mendapatkan kehidupan harus ada kehidupan terlebih dahulu (Omne Vivum ex Vivo)

Teori asal usul kehidupan pada kategori ketiga adalah Teori Urey. Teori ini menjelaskan bahwa gas Metana(CH 4 ), Amonia(NH3), Hidrogen(H2) dan Uap air (H20) yang diberi energi listrik dan radiasi sinar kosmik akan menghasilkankan terbentuknya senyawa organik misalnya asam amino yang merupakan komponen dasar protein. Protein adalah pembentuk protoplasma yang merupakan substansi dasar makhluk hidup.


Sumber: http://id.shvoong.com/exact-sciences/biology/1963443-teori-asal-usul-kehidupan/#ixzz1eCzCD2c9

_____

Hai, ini adalah postingan mengenai biologi pertama yang dibuat oleh blog ini.

Taukah kamu bumi merupakan satu-satunya planet dalam tata surya yang diketahui di dalamnya ada kehidupan?

Menurut para ahli, 4 milyar tahun yang lalu di bumi muncul kehidupan pertama kali. Namun belum diketahui secara pasti bagaimana asal usul kehidupan di bumi ini muncul. Terdapat beberapa teori asal usul kehidupan makhluk di bumi yang telah dikemukakan oleh para peneliti.


1. Teori Terbentuknya Bumi

a. Teori Kabut (Nebula)

Bintang meledak kemudian menghasilkan debu dan gas yang membentuk kabut asap/nebula. Kabut/nebula tersebut memadat dan meledak kembali kemudian membentuk bintang baru serta planet-planet termasuk bumi.

b. Teori Ledakan Besar (Big Bang)

Semua materi di angkasa menyatu, memadat, dan membentuk massa padat kemudian meledak dengan sangat hebat. Debu dan gas hasil ledakan membentuk bintang generasi baru.


2. Teori Asal Usul Kehidupan

Terdapat beberapa peneliti yang mengemukakan penelitiannya yang terdapat perbedaan yang mendasar yaitu berdasarkan abiogenesis, biogenesis, dan evolusi kimia.

a. Abiogenesis

Teori ini menyatakan bahwa, makhluk hidup berasal dari benda tidak hidup yang terjadi secara spontan (generatio spontanea)

Pendukung teori ini adalah:

I. Aristoteles, mengamati munculnya cacing dari dalam tanah yang basah.

II. John Needham, percobaan mengenai kaldu yang membusuk

III. Antonie van Leeuwenhoek, pengamatan adanya mikroorganisme dalam air rendaman jerami.

Gambar 1 Percobaan J. Needham

b. Abiogenesis

Beberapa ahli mencoba membantah teori abiogenesis tersebut.b. Biogenesis

Pendukung biogenesis adalah:


I. Francesco Redi, percobaan menggunakan 3 wadah berisi daging. Wadah yang tebuka dibiarkan dan daging dihinggapi lalat sehingga muncul belatung. Wadah ditutup kain kasa, kain kasa dihinggapi lalat sehingga daging tidak muncul belatung melainkan di kain kasa. Wadah tertutup rapat tidak muncul belatung sama sekali.

Gambar 2 Percobaan F. Redi

II. Lazaro Spallanzani, menggunakan kaldu dalam 2 gelas kimia yang terbuka dan tertutup.

Gambar 3 Percobaan L Spallanzani

III. Louis Pasteur, menggunakan kaldu dalam gelas kimia berleher angsa (berlekuk-lekuk). Dua gelas kimia beri kaldu kemudian panaskan dan diletakkan. Gelas 1 diletakkan secara tegak sehingga udara dapat masuk dan kaldu membusuk. Gelas 2 diletakkan secara miring sehingga udara tidak bisa masuk.

Gambar 4 Percobaan L. Pasteur

IV. Kesimpulan Biogenesis

i. setiap makhluk hidup berasal dari telur = omne vivum ex ovo,

ii. setiap telur berasal dari makhluk hidup = omne ovum ex vivo,

iii. setiap makhluk hidup berasal dari makhluk hidup sebelumnya = omne vivum ex vivo

Teori Kehidupan Evolusi Kimia

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Berkomentar Tidak Menggunakan Kata-Kata Kasar/Kotor/SARA

Alangkah Lebih Baik Tidak Memilih Anonim Saat Menulis Komentar :)

===========
Please Comment Politely

It Would Be Better Not To Choose Anonymous When Commenting :)

===========
댓글을 달 때 익명을 선택하지 않는 것이 좋습니다
close